Langsung ke konten utama

(DUMMIESGUIDE TO PLAY) Tennis!

Entah dari mana berasal tiba tiba tengah malem ane kepikiran sesuatu.. TENIS! God please..tengah malem bro..dan ternyata siang ini ane lupa kalo ane ada agenda ngetem ke sebuah sport centre di deket kosan ane.. Entah lah..Padahal dari kemarin udah kepikiran buat debut dalam karir pertenisan ane siang ini..tapi apa daya.. Udah deh nonton video roger federer dulu dah..
Langsung berasa ada roger federer dalam setiap pukulan ane kelak..10 menit berlalu.. buka lagi..


Hmmmmppphh..pede meningkat..dan keyakinan bakal bisa mukul ..tangan kanan ada pukulan maut federer dan tangan kiri ada pukulan dewa si nadal..
Tapi tiba tiba ane kepikiran sesuatu.. kalo ane bisa mukul kanan kiri back hand forehand sampe hand hand yang lain ala roger federer tapi ane kaga ngerti tata krama sama aja.. Akhirnya malem ini ane putusin buat belajar tata krama buat main tenis dari browsing google..ntah ini ntar bisa bikin ane makin santun di lapangan ato kagak..-maen aja belum bos.red-
Hahahahaha.. ini dia aturan tentang tenis! ane ambil dari http://www.rulesofsport.com/sports/tennis.html

Yang pertama ane baca jelas..judulnya..dan barusan ane baru ngeh kalo tennis merupakan salah satu populer di dunia..-maklum ane cuma maen sepakbola kampung sama asal lempar batu ke genting tetangga buat kompetisi masa kecil ane- Ya jelas bos...tennis ini dimaenin kudu pake raket segedhe gaban sama bola aja yang bola tenis..uda raket mahal, kudu nyetok bola, belum ntar kudu nyari lapangan..
Nha tenis ini yang dimaenkan di lapangan dengan detail seperti di bawah ini..

Ini kutipan penjelasan lapangan :
Lapangan yang berbentuk persegi panjang ini, memiliki garis dasar (di belakang), area servis (dua ruang lokasi servis harus mendarat) dan dua jalur trem di kedua sisi. Sebuah pertandingan single berarti Anda menggunakan garis dalam dan pertandingan ganda berarti garis luar.

Nah makin jelas..trus aturan dasarnya adalah..apapun yang terjadi ente harus balikin bola sampe musuh ente kagak bisa balikin ke lapangan ente..pukul dah pake tu raket..kalo bahasa pinternya ane kutip kayak gini..

Pemain harus memukul bola melewati pendaratan net bola dalam garis batas pada lapangan dan hingga lawan tidak mampu mengembalikan bola. Anda memenangkan poin setiap kali lawan tidak dapat mengembalikan bola dalam lapangan.

OKE! PUKUL DALEM LAPANGAN DAN LAWAN HARUS KAGA BISA BALES! BIAR ENTE DAPET POIN.

nha lalu sistem penilaiannya adalah dengan sistem 15,30, 40 dan itu ntar kudu dapet angka. Buat menangin game ini ente kudu dapet angka 6 duluan dalam minimal 3 dari 5 set pertandingan..lalu jika musuh dapet nilai 5 duluan buat menangin game situ kudu dapet angka 7.jadi kedudukan akhir 7-5. lalu jika nyampe 6-6 tie break ntar yang menang yang dapet 7 duluan.

trus ini tambahan aturan rincinya :
1. Lempar koin buat nentuin siapa yang servis pertama kali.



2. Server -yang nyervis- berada di sekitar garis dasar / base line (lihat gambar).

 

Dalam permainan tenis ini ada yang namanya advantage, buat ente yang masih cupu, newbie, pemula ato beginner, servis ente yang gagal pada pertama kali permainan bisa di ulang, dan pukulan servis yang kena net tapi tetep masuk area servis tetap dianggep bola hidup. Lalu posisi lawan saat menerima bola? sak karepmu! meh ng tribun po nyang ngendi wae oleh..jadi boleh lhoo di mana saja dalam posisi apa saja buat nrima bola, sak senengmu, sak puasmu, lan sak kepenakmu. trus kalian adu pukul bola yang di serve sampe satu dari kalian kaga bisa balikin bola..nha itu namanya poin! 15, 30, 40 hingga dapet angka, lalu angka, angka, dan angka hingga dapet 6 duluan. ente menang bung jika dapet 6 duluan.

3. Tentang Net

Apapun yang terjadi. ENTE KAGA BOLEH YANG NAMANYA PEGANG ATAU USIL MAENIN NET PAS ENTE MAEN TENIS.. entar musuh ente mau servis ente pake buat bikin kelambu, ato ente pake net buat ngejaring ikan di sungai seberang. NO! YOU CAN NOT TOUCH THE NET IN EVERY PURPOSE. You sengaja atau tidak hal itu tidak dibenarkan dan you lose the point. 

4. Yang bikin kere, raket tenis dan bola.

Ni ane kaga niat promosi salah satu merk raket sama bola. Oh iya dalam aturannya, tiap angka game 6 (ada yang menang) idealnya bola tennis kudu diganti. -dalam pertandingan resmi-. entah karena pantulannya ntar bisa jadi berubah ato karena apa lah itu.. beuh..ya sudah lah..demi apapun itu..ini nih yang gue tekanin dari awal.. ini raket sama bola harganya kaga murah.. so jika ente uda fall in love sama ini game..NABUNG dan LANJUTKAN!

Ni nih kutipan simpel nya :
"Seorang pemain tenis kehilangan poin jika mereka gagal untuk mengembalikan bola dalam bidang yang benar di lapangan, menyentuh net dan tidak masuk ke daerah lawan atau gagal mengembalikan bola sebelum memantul dua kali dalam setengah mereka."

Jadi apapun yang terjadi usahakan bales setiap perbuatan lawan -hasil pukulan.red- plus pukul terus sampe lawan kaga bisa balikin bola, kumpulin score. ENTE MENANG!

Hmmm..ada lagi nggak ya.. sudah deh ini cukup dulu..ntar tambahannya nyusul.. monggo komen. CMIIW yaa..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mortui Vivos Doscent

Bismillah. Setelah bertahun - tahun berseragam sebagai mahasiswa kedokteran. Akhirnya resmi saya lulus dari Program Sarjana (S-1) Pendidikan Dokter FK UNS pada 17 Januari 2014 lalu dan diwisuda pada tanggal 8 Maret 2014. Satu quote yang saya masih selalu ingat pada masa masih di preklinik lalu adalah  "Mortui Vivos Doscent" Entah siapa yang memulai membuat quote ini. Bareng penasaran, langsung saya buka google. dan taraaa.. Quote yang saya artikan sebagai Dosen itu Mayat Hidup. Ternyata artinya berbeda jauh dengan apa yang saya pikirkan. Ini asli dari wikipedia tidak saya ubah tidak saya tambahkan, dan hasilnya adalah memang benar ini quote lebih cocok buat ahli anatomi, ahli bedah dan ahli forensik. tapi cuma bisa buat jadi pelengkap dasarnya. Bagi saya mungkin lebih suka dengan... "Vita magister est optimus" "Aliquam sed vivens mortuus vivos docent magister est optimus" Artinya : "Vita magister est optimus" - Kehidupan a

Ndoroisme

Tengah malam ini saya sedang terduduk, sesekali menenggak kopi dan berpikir, Ndoroisme itu nyata dan ada disekitar kita. Apa itu ndoroisme. Saya saja awalnya cuma berpikir pikir dan bergumam dalam hati opo kuwi ndoroisme..opo enek istilah ngonoan..(apa itu ndoroisme. Apa ada istilah seperti itu. Ya memang sih tidak ada istilah seperti itu, tapi setidaknya ada orang yang pernah menulis tentang hal ini, yaitu Pak Ahmad Syafii Maarif dalam artikel  "Ndoroisme" Part I beliau tulis di republika online. Kurang lebih begini yang beliau tulis. "Sikap hidup pejabat atau majikan yang serba-ndoro (tuan, majikan), ingin selalu diperlakukan sebagai tuan, laki-laki atau perempuan ( kakung utawi putri )." Bahkan beliau juga memaparkan dalam artikel tsb perwujudan atau contoh contoh sikap ndoroisme bersama dengan couple-ndoroisme alias babuisme ;)) "Perwujudan 'ndoroisme' ini bisa terlihat dalam berbagai bentuk: bersikap ABS-AIS (asal bapak senang-asal ibu senang), mem

The Outlier: Mas Pandu

Sejenak teringat seseorang - salah satu orang yang begitu inspiratif melekat dalam benak saya. Mas Pandu. Ya beliau adalah mas Pandu, Almarhum Mas Pandu. Beliau adik kelas saya, salah seorang outlier yang benar benar outlier dalam segalanya. Sosok beliau yang tinggi, bicara lembut tapi tegas, dan berprinsip. Bersyukur saya dipertemukan dengan beliau selama masa SMA. Menjadi adik kelas beliau pas. Sosok beliau menjadi inspirasi saat melatih kami adik kelas beliau dalam pleton inti, pasukan baris berbaris SMA Negeri 1 Bantul. Beliau sebagai pembeda memberikan kelembutan dalam pelatihan PBB. Metode yang berbeda dengan yang sebelum sebelumnya. Bukan dengan banyak hukuman tetapi konsekuensi dan tanggungjawab ketika tidak disiplin dan melakukan kesalahan. Kami diberikan pemahaman, bukan dipaksa untuk menjalani hukuman atas kesalahan. Tipis bukan perbedaannya? Inspirasi beliau tidak hanya dalam hal itu saja. Beliau ternyata memang memiliki banyak pengaruh dan juga prestasi terutama di dalam