Langsung ke konten utama

Kemampuan Menulis


Bismillahirohmaanirohiim
Assalamu'alaykum Wr. Wb. 

Kembali lagi saya akan menggoreskan tinta hitam pada selembar kertas putih (menulis.red) tentang apa yang saya pikirkan saat ini. tentunya di Blog ini. Unek - unek yang ingin saya tuliskan yakni mengenai kemampuan menulis. Kemampuan menulis menurut saya diperlukan bagi setiap individu di zaman masing - masing.

Mengapa diperlukan ?
Jikalau dirunut mengapa seseorang perlu menulis, pernah dalam sebuah pepatah kuno berkata, jika Anda tidak ingin dilupakan sejarah, maka menulislah.
Tetapi, itu bagi seseorang yang memiliki sejarah yang besar dan ingin selalu diingat oleh orang - orang di generasi selanjutnya, agak narsistik sedikit sih kesannya, cuma. Begitulah, warisan untuk anak cucu kita adalah tulisan kita, ilmu yang kita dapatkan.
Masih terkait dengan kalimat terakhir kita. Menulis adalah sarana untuk transfer ilmu serta untuk mengawetkan sebuah ilmu. Ingatkah Anda tentang harta terbesar dari umat muslim di dunia? Al - Qur'an Al Kariim. Alhamdulillah, meskipun jika Alloh menghendaki Al - Qur'an bisa diturunkan dalam bentuk hafalan, namun atas inisiatif Khulafaur Rasyidin keputusan diambil oleh Abu Bakar dan hasilnya, Al - Quran dikumpulkan dan ditulis. Untuk apa? untuk memudahkan menghafalkan Al-Qur'an tersebut. Oke, tidak adil ya kalau saya hanya mencontohkan Al-Qur'an saja, lebih ke arah general. Mengenai transfer ilmu melalui tulisan, apakah kita tidak terkesima dengan catatan perjalanan ekspedisi yang dijalankan oleh pelaut - pelaut zaman dahulu. Dari buku catatan mereka lah sudut pandang sejarah dipaparkan, bukti tersebutlah menjadi rekaman kondisi, menjadi rekaman ilmu bagi generasi selanjutnya.

Lalu, apa lagi manfaat menulis?
Masih banyak. Salah satunya, dari menulis/tulisan kita dapat membentuk pola pikir kita, memotivasi untuk belajar lebih, dan untuk menulis karya yang original kita akan termotivasi untuk membaca - membaca dan membaca. Kecuali Anda adalah seseorang yang suka berbicara omong kosong.
Ummm..cara paling simple, jika Anda membaca tulisan di artikel ini, akan terlihat bahwa tulisan yang saya tuliskan ini merupakan tulisan yang kesannya simpel dan tidak mengulas dalam mengenai topik yang ingin saya paparkan. Mohon maklum. Ya, karena dari sini akan tersirat bahwa saya harus mempunyai motivasi lebih untuk belajar lagi agar bisa berbagi ilmu lebih lagi.

Semoga Artikel ini bermanfaat, menjadi pengingat serta motivasi untuk belajar lagi dan belajar lagi, serta membuat penulis sendiri dan pembaca senantiasa mau menulis. Jika tak ingin nama dikenang bagi generasi penerus kita, setidaknya, jadikan menulis untuk motivasi amal jariyah.
Sekian saja,
Subhanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanla ilaha illa anta Astaghfiruka wa atubu ilayk.

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mortui Vivos Doscent

Bismillah. Setelah bertahun - tahun berseragam sebagai mahasiswa kedokteran. Akhirnya resmi saya lulus dari Program Sarjana (S-1) Pendidikan Dokter FK UNS pada 17 Januari 2014 lalu dan diwisuda pada tanggal 8 Maret 2014. Satu quote yang saya masih selalu ingat pada masa masih di preklinik lalu adalah  "Mortui Vivos Doscent" Entah siapa yang memulai membuat quote ini. Bareng penasaran, langsung saya buka google. dan taraaa.. Quote yang saya artikan sebagai Dosen itu Mayat Hidup. Ternyata artinya berbeda jauh dengan apa yang saya pikirkan. Ini asli dari wikipedia tidak saya ubah tidak saya tambahkan, dan hasilnya adalah memang benar ini quote lebih cocok buat ahli anatomi, ahli bedah dan ahli forensik. tapi cuma bisa buat jadi pelengkap dasarnya. Bagi saya mungkin lebih suka dengan... "Vita magister est optimus" "Aliquam sed vivens mortuus vivos docent magister est optimus" Artinya : "Vita magister est optimus" - Kehidupan a

Ndoroisme

Tengah malam ini saya sedang terduduk, sesekali menenggak kopi dan berpikir, Ndoroisme itu nyata dan ada disekitar kita. Apa itu ndoroisme. Saya saja awalnya cuma berpikir pikir dan bergumam dalam hati opo kuwi ndoroisme..opo enek istilah ngonoan..(apa itu ndoroisme. Apa ada istilah seperti itu. Ya memang sih tidak ada istilah seperti itu, tapi setidaknya ada orang yang pernah menulis tentang hal ini, yaitu Pak Ahmad Syafii Maarif dalam artikel  "Ndoroisme" Part I beliau tulis di republika online. Kurang lebih begini yang beliau tulis. "Sikap hidup pejabat atau majikan yang serba-ndoro (tuan, majikan), ingin selalu diperlakukan sebagai tuan, laki-laki atau perempuan ( kakung utawi putri )." Bahkan beliau juga memaparkan dalam artikel tsb perwujudan atau contoh contoh sikap ndoroisme bersama dengan couple-ndoroisme alias babuisme ;)) "Perwujudan 'ndoroisme' ini bisa terlihat dalam berbagai bentuk: bersikap ABS-AIS (asal bapak senang-asal ibu senang), mem

The Outlier: Mas Pandu

Sejenak teringat seseorang - salah satu orang yang begitu inspiratif melekat dalam benak saya. Mas Pandu. Ya beliau adalah mas Pandu, Almarhum Mas Pandu. Beliau adik kelas saya, salah seorang outlier yang benar benar outlier dalam segalanya. Sosok beliau yang tinggi, bicara lembut tapi tegas, dan berprinsip. Bersyukur saya dipertemukan dengan beliau selama masa SMA. Menjadi adik kelas beliau pas. Sosok beliau menjadi inspirasi saat melatih kami adik kelas beliau dalam pleton inti, pasukan baris berbaris SMA Negeri 1 Bantul. Beliau sebagai pembeda memberikan kelembutan dalam pelatihan PBB. Metode yang berbeda dengan yang sebelum sebelumnya. Bukan dengan banyak hukuman tetapi konsekuensi dan tanggungjawab ketika tidak disiplin dan melakukan kesalahan. Kami diberikan pemahaman, bukan dipaksa untuk menjalani hukuman atas kesalahan. Tipis bukan perbedaannya? Inspirasi beliau tidak hanya dalam hal itu saja. Beliau ternyata memang memiliki banyak pengaruh dan juga prestasi terutama di dalam